Happy Reading My Blog :)

Rabu, 08 Agustus 2012

Fagositosis dan pinositosis



Fagositosis dan pinositosis merupakan salah satu transpor aktif, artinya melawan gradien kadar serta memerlukan energi selama proses berjalan. Berikut ini penjelasan singkat tentang fagositosis dan pinositosis.

A. Fagositosis
Fagositosis adalah peristiwa pemasukan ZAT PADAT ke dalam sel. Proses ini banyak dijumpai pada sel protozoa sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan makanan. Sedangkan pada sel metazoa lebih ditujukan untuk pertahanan diri terhadap benda asing, seperti bakteri, debu dan benda lain yang dianggap berbahaya bagi sel.

B. Pinositosis
Pinositosis adalah peristiwa pemasukan ZAT CAIR ke dalam sel. Pada proses ini, cairan akan dimasukkan ke dalam sel termasuk zat – zat yang larut didalamnya. Zat – zat tersebut antara lain protein, asam amino dan ion – ion.

Jadi perbedaan utama antara fagositosis dan pinositosis adalah zat yang dimasukkan ke dalam sel.
Pinositosis
Peristiwa masuknya sejumlah kecil medium kultur dengan membentuk lekukan-lekukan membrane sel Peristiwa ini dapat terjadi bila konsentrasi protein dan ion tertentu pada medium sekeliling sel sesuai dengan konsentrasi di dalam sel. Sel-sel yang melakukan proses pinositosis ini antara lain sel darah putih, epitel usus, makrofag hati,  dan lain-lain.

Fagositosis
Peristiwa yang sama seperti pada pinositosis tetapi terjadi pada benda padat yang ukurannya lebih besar. Contohnya pada amoeba.

Endositosis dan Eksositosis
 Endositosis adalah memasukkan zat ke dalam sel, sedangkan eksositosis mengeluarkan zat keluar sel. Kedua proses tersebut termasuk ke dalam transport aktif. Endositosis dilakukan oleh organism bersel tunggal dan sel darah putih. Endositosis yang terjadi pada zat padat disebut Fagositosis, dan endositosis yang terjadi pada larutan disebut Pinositosis. Contoh fagositosis, misalnya sel darah putih memakan protein asing (kuman penyakit)atau ameba yang memakan bakteri. Zat-zat yang dimakan dimasukkan ke dalam vakuola makanan. Eksositosis dapat dijumpai pada proses sekresi zat oleh sel-sel kelenjar. Contohnya sekresi enzim pencerna ke dalam usus. Sekret (zat yang dikeluarkan) biasanya terbungkus dalam kantung membrane atau vakuola. Kantung-kantung itu menuju ketepi sel, terbuka dan keluarlah sekretnya.

4 komentar:

  1. mantepp,, ohyaa,, ini tuh lagu apa ya kalo boleh tanya.??? sorry OOT ditunggu jawabannya yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru sekarang di balas.
      ini lagu Adele judulnya set fire to the rain .

      thank you for visit my blog. :)

      Hapus
  2. Thanks info fagositosis & pinositosisnya, Rizky Anggara

    BalasHapus